17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

17 Ikan Hias Air Laut yang Mudah dipelihara - Ikan merupakan salah satu hewan air yang memiliki banyak fungsi, ada yang bisa di konsumsi, di budidayakan untuk di jual hingga dipelihara sebagai hewan penghias ruangan. Salah satu jenis yang banyak digemari untuk dijadikan peliharaan adalah ikan air laut.

17 Ikan Hias Air Laut yang Mudah di Pelihara

Walaupun begitu, nir seluruh ikan bahari mampu di pelihara menggunakan mudah. Beberapa yang lain bahkan memerlukan tehnik pemeliharaan & perawatan khusus. Apabila Anda tertarik buat permanen memelihara ikan jenis air asin ini, berikut merupakan beberapa rekomendasi ikan air laut yg mudah dipelihara dan nir susah dalam perawatannya.

1. Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies

Ikan Watchman Gobies

apabila Anda tertarik buat memelihara ikan denga pola yg menarik, ikan hias air bahari jenis watchamn gobie bisa sebagai keliru satu pilihan buat Anda. Ikan ini terkenal karena dia memiliki pola berwarna biru & merah belia yg unik.

Watchman gobies adalah ikan yg militan sifatnya, tetapi masih mampu pada pelihara menggunakan gampang. Ia akan berenang kesana-kemari, sebagai akibatnya memerlukan akuarium menggunakan berukuran yang besar buat habibatnya. Makanan yg disarankan buat ikan jenis ini merupakan udang kecil.

2. Ikan Hias Air laut Blue Devil

Walaupun memiliki nama yg berkonotasi negatif, ikan ini tidak seburuk itu. Tubuhnya berwarna biru dengan deretan rona kuning, putih serta hitam. Campuran warna tadi membuatnya tubuhnya terlihat estetik, sehingga mebuat blue devil banyak pada pilih buat di pelihara di akuarium.

Lantaran suka berenang dalam bebatuan, isilah akuarium Anda menggunakan karang & bebatuan. Ukurannya cenderung kecil & ramping, sebagai akibatnya tidak memerlukan akuarium yang akbar. Ikan air laut yang mudah pada pelihara ini acapkali direkomendasikan buat pemula.

3. Ikan Hias Air Laut Chalk Bass

Ikan Chalk Bass

Selanjutnya adalah jenis ikan hias air asin berpola unik, yakni ikan chalk bass. Bagi Anda yg baru memulai pengalaman buat memelihara ikan air asin, jenis ikan cocok buat Anda. Selain tahan banting dengan pergantian ekosistem, beliau juga tidak mudah terkena penyakit. Bahkan, beliau permanen bisa bertahan walaupun syarat air akuarium tidak optimal.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda sanggup asal-asalan memelihara ikan jenis ini. Jangan terlalu banyak memelihara ikan chalk bass pada akuarium, sering mereka melakukan perebutan teritori yg bisa mengakibatkan ikan lainnnya terganggu.

4. Ikan Hias Air Laut Angelfish

Ikan Angelfish

Berbeda dengan ikan air tawar menggunakan nama yg sama, anglefish air bahari mempunyai bentuk yang berlainan. Uniknya, ikan ini merupakan ikan hermaprodhite, yang mana saat beliau masih belia adalah ikan berjenis betina, makin bertambah usia, beliau berganti kelamin sebagai ikan jantan.

Dalam segi bentuk dan pola, warnanya cukup cerah dan berpola menarik. Umumnya corak yang sering ditemui adalah warna biru, kuning dan hitam. Ikan hias air laut yang mudah di pelihara ini perawatannya juga gampang dilakukan, memiliki imun yang kuat dan dapat hidup dengan kurun waktu yang lama.

Lima. Ikan Hias Air laut Lion

Ikan Lion

Ingin mempunyai ikan menggunakan bentuk yang unik dari jenis ikan lainnya? Anda bisa memelihara lionfish. Bentuk tubuhnya menarik dengan pola bergaris-garis. Selain itu masih ada ornamen pada fisiknya, berupa duri sampai sayap yang mencolok.

Anda wajib lebih cermat bila hendak memelihara ikan ini, sebab makanannya tidak selaras dengan kebanyakan ikan hias air bahari lain. Begitu pula dalam pemilihan sahabat ikan, Anda wajib lebih selektif buat menentukan mana ikan yang sebaiknya di campur menggunakan lionfish, karena ia bukan jenis ikan yg gampang bergaul dengan ikan lainnya.

6. Ikan Hias Air Laut Dottyback

Ikan Dottyback

Hampir sama dengan jenis ikan air laut yang mudah di pelihara lainnya, dottyback merupakan ikan yang sering direkomendasikan bagi pemula. Coraknya berwarna kuning terang dengan garis ungu pada bagian atas kepala. Ukurannya cenderung kecil sehingga tidak memerlukan akuarium yang besar.

Dottyback mampu ditemukan menggunakan mudah di semua perairan tropis maupun sub tropis perairan Indo Pasifik. Berikan beberapa hiasan pada akuarium Anda, misalnya terumbu karang, bebatuan juga tanaman . Sebab, ikan ini bahagia bermain pada terumbu karang dalam daerah asal aslinya.

7.  Ikan Hias Air Laut Clownfish ( Ikan Badut )

Anda tentu telah tidak asing menggunakan ikan ini. Terkenal karena sempat pada filmkan dalam film animasi Finding Nemo, membuat ikan badut kemudian menjadi terkenal buat dijadikan menjadi ikan hias peliharaan. Untunglah ikan ini termasuk pada ikan air bahari yg mudah di pelihara, sehingga perawatannya mampu dilakukan sang pemula.

Ikan ini populer karena warnanya yang cerah, yakni gugusan warna oranye, hitam & putih. Sediakan pula terumbu karang yg cukup buat memelihara ikan ini di akuarium, sebab di daerah asal aslinya mereka tinggal di kurang lebih anemon & terumbu karang.

8. Ikan Hias Air Laut Butterfly

Ikan Hias Air Laut Butterfly

Ikan hias air bahari butterfly ini merupakan keliru satu ikan hias air bahari yang mempesona bila anda pelihara pada tempat tinggal . Ada poly sekali spesies ikan ini & semuanya sangat manis dan mempesona dan mudah dipelihara.

Butterfly fish ini memiliki karakter ikan yg hening tetapi buat memelihara jenis ikan ini kalian perlu aquarium yang luas. Habitat dari ikan butterfly dapat dijumpai di sepanjang belahan bumi bagian selatan misalnya di Indonesia, Hawaii, Africa, Fiji & Melanesia.

Di Indonesia ikan ini bisa juga dipanggil dengan ikan kupu-kupu. Untuk memlihara ikan ini memerlukan settingan aquarium air bahari menggunakan karang-karang agar ikan butterfly nyaman seperti di habitat aslinya.

9. Ikan Hias Air laut Yellow Tang

Ikan Hias Air laut Yellow Tang

Ikan hias laut yellow tang masih merupakan satu keluarga dengan jenis blue tang atau blue dory salah satau pemeran film Finding nemo yang berwarna biru. Ikan dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens ini merupakan salah satu jenis ikan air laut yang mudah dipelihara.

10. Ikan Hias Air bahari Blue Tang ( Blue Dory )

Ikan Hias Air laut Blue Tang ( Blue Dory )

Ikan blue tang ini merupakan ikan hias laut yg sangat populer karena kiprahnya bersama ikan badut ( clownfish ) di film Finding Nemo. Ikan Blue Dory atau Blue Tang merupakan jenis ikan yang berada pada bahari dangkal, ikan ini hidup di karang pesisir pantai. Ikan ini umumnya sanggup Anda temui di dataran terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas.

Ikan ini hidup sendirian dengan kelompok besar yang  bertahan hidup dengan mendapatkan  makan secara berkelompok

Ukuran ikan blue dori ini  memiliki ukuran sekitar 23 cm dan ukuran dan 54 cm untuk ukuran maksimal. Ikan blue dori ini ikan memakan tumbuhan  yang ada di dalam laut.

11. Ikan Hias Air Laut Banggai

Ikan Hias Air Laut Banggai

Ikan banggai cardinalfish yang mempunyai nama latin Pterapogon kauderni merupakan ikan air bahari menurut keluarga Apgogonidae. Ikan banggai ini memliki berukuran rata-rata 8 cm. Ciri-karakteristik ikan banggai memiliki warna dasar silver keperakan menggunakan 3 garis marking berwarna hitam yang satu garis melewati matanya.

Ikan banggai ini hanya bisa ditemukan di sungai bangai Sulawesi selatan. Ikan ini sangat sulit ditemui karena biasanya mereka bersembunyi pada batu-batuan dasar laut.

12. Ikan Hias Air Laut Firefish Goby

Ikan Hias Air Laut Firefish Goby

Ikan hias air laut jenis ini adalah ikan yg sangat aktif sekali berenangnya. Ikan ini patut kalian coba pelihara lantaran tdak akan bosan melihatnya sangking aktifnya. Dalam hal makanan pun ikan ini sangat gampang. Firefish bisa memakan apa saja termasul planlton dan algae. Ikan ini memiliki jenis warna yg bhineka antara lain ungu, putih, merah, kuning & oranye.

13. Blenny Fish

Blenny Fish

Ikan blenny fish ini adalah ikan air laut lucu dan sangat jarang yang gampang dipelihara. Dengan tampilannya yg lucu ini ikan ini nir dapat digabung dengan ikan blenny lainnya lantaran apabila digabung beliau akan bertengkar. Namun bila digabung menggunakan ikan hias laut lainnya ikan blenny ini cenderung ikan yang damai.

Jenis ikan blenny ada aneka macam macam antara lain bicolor blenny, horned blenny dan Tail spot benny. Dalam memelihara ikan blenny sebetulnya tidak memerlukan aquarium yg besar sebagai akibatnya ikan ini cocok sekali buat anda yg ingin memelihara ikan laut dengan aquarium kecil.

14. Ikan Hias Air laut Damselfish

Ikan Hias Air laut Damselfish

Ikan yg satu ini sangat cocok sekali buat anda yang ingin memelihara ikan laut di aquarium yg mini . Karena ikan damsefish ini hanya membutuhkan 30 galon saja.

Ikan ini merupakan ikan yg agresif tetapi hening saja ikan ini nir akan menyerang ikan lain. Ikan ini biasa bersembunyi di bebatuan sebagai akibatnya kalian wajib memnberikan settingan aquarium bebatuan buat tempat bersembunyinya.

Ikan ini gampang dipelhiara & pula mudah pada bisa di toko ikan yang menjual ikan bahari dan harganya pun murah. Jadi buat kalian yg pemula memelihara ikan bahari mampu mencoba dengan ini damsel ini.

15. Ikan Giant Trevally

Ikan giant trevally ini pula adalah salah satu ikan air bahari yg sangat populer pada kalangan ikan hias air lau & pula ikan predator. Ikan ini berenang sangat gesit & cepat serta dapat tumbuh akbar sebagai akibatnya memerlukan loka yg luas jika ingin memelihara ikan ini.

Ikan ini tak jarang sekali pada akali supaya sanggup hayati pada air tawar atau air payau. Ikan ini sangatlah menyenangkan saat feeding time, kalian akan merasakan sensasi rusuhnya ikan ini waktu sedang makan.

16. Ikan Hias Air bahari Wrasses

Ikan Hias Air laut Wrasses

Ikan air bahari wrasses mempunyai rona cerah yang rupawan, ikan ini pula dapat bersembunyi di pasir dan bebatuan sehingga wajib menggunakan pasir dan bebatuan jika ingin memelihar ikan jenis ini.

17. Ikan Hiu Blacktip

Ikan Hiu Blacktip

kelevel hobies yg tidak sinkron lagi umumnya ingin mencoba memelihara hiu di aquarium lautnya. Nah jenis ikan hiu yang dapat dipeihara di aquarium artinya hiu blacktip. Namun aquarium kalian minimal 2 meter ya buat memlihara ikan hiu yang satu ini.

Blacktip reefshark mempunyai nama latin Carcharhinus melanopterus ini dapat tumbuh hingga 180cm sehingag agar dapat tumbuh maksimal ikan hiu ini perlu berada di tempat dengan PxLxT 4x4x4 meter.

Selain hiu blactip masih banyak lagi hiu yg dipelihara oleh hobies antara lain leopard shark dan Horn shark. Buat pemula saya sangat tidak menyarankan memlihara ikan hiu pada aquarium lautnya ya.

Baca Juga

Tips Memelihara Ikan Air Laut

Setelah diterangkan beberapa jenis ikan air laut yg cocok buat diperlihara bagi pemula, berikut merupakan tips yg sanggup Anda aplikasikan waktu memelihara ikan air bahari. Sebab, terdapat perbedaan antara memelihara ikan air laut menggunakan ikan air tawar, bila galat memelihara ikan akan lebih cepat stress & sanggup saja tewas.

Pastikan Anda memperhatikan suhu air dengan seksama. Karena, walaupun ikan air laut yang mudah di pelihara mudah beradaptasi, namun masih sangat sensitif terhadap perubahan suhu  mendadak. Untuk menjaga agar suhu dalam air tetap kondusif dan ikan tidak mudah stress, atur suhu berada pada kisaran 23 hingga 28 derajat celcius.

Jangan lupa buat membersihkan akuarium secara rutin, karena kebersihan air akan mempengaruhi kesehatan ikan. Langkahnya cukup mudah dilakukan, pertama pindahkan flora, terumbu karang dan bebatuan dsari akuarium, kemudian dilanjutkan menggunakan membersihkan lumut juga kotoran pada kaca atau dasar akuarium.

Usahakan akuarium benar-sahih besih sebelum dipakai ulang. Akan lebih baik apabila Anda mengeringkannya pada bawah sinar mentari daripada hanya mengangin-anginkannya. Cahaya matahari bisa membuat kuman mati dan pertumbuhan lumut melambat. Apabila sudah, isi dengan air yg bersih, & tambahkan pulang material akuarium berikut ikannya.

Yang tidak kalah krusial adalah memperhatikan taraf keasinan air. Pastikan jumlah garam yg larut pada air sinkron menggunakan jenis ikan yg Anda pelihara. Derajat keasinan air laut sekiar 32-37 per 1.000 unit air, pastikan keasinan berada dalam kisaran nomor berikut buat menghindari ikan mati.

Jika masih kebingungan Anda mampu melakukan riset sebelum mulai memelihara ikan air bahari, atau bertanya dalam ahli akuarium. Semoga liputan berikut sanggup membantu Anda buat menentukan ikan air laut yang mudah di pelihara.

LihatTutupKomentar