5 Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya

Jenis ikan predator belida beserta harganya - Ikan belida merupakan ikan air tawar yang berasal dari Indonesia. Ikan belida/belido dari namanya ikan ini diambil dari nama sungai di daerah sumatra selatan. Nama inggris dari ikan ini ialah knifefish.

Ikan yang di panggil oleh orang banjar dengan sebutan ikan pipih ini dapat ditemukan di perairan sumatera, kalimantan jawa dan semenanjung malaya. Sedangkan nama latin dari ikan belida ialah Notopetrus chitala H.B..

Selain ditangkap buat dipelihara dan pada budidayakan ikan belida juga dijadikan bahan standar buat konsumsi masyarakat sekitar bahkan juga sang kita sendiri.

Lantaran ikan belida merupakan salah satu bahan standar buat pembuatan pempek. Makasanan spesial Indonesia yg sangat lezar itu. Selain pempek ikan belida juga bisa dibentuk kerupuk dan lain-lain.

Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya

Baca Juga :Mengenal Ikan Genghis khan, Si Ikan Predator Air tawar Yang Mirip Ikan Hiu

Ciri-Ciri Ikan Belida

Ciri-karakteristik ikan belida yaitu bentuk pungung nya yg melengkung misalnya sebuah pisau. Punggungnya meninggi sehingga bentuk badannya terlihat lebar dan pipih.

Makanan Ikan Belida

Karnea ikan belida adalah ikan karnivora maka di alamnya ikan belida memangsa ikan-ikan kecil, serangga, kodok & ulat kecil. Apabila dipelihara maka kuliner terbaik buat ikan belida sanggup berupa ikan cere, anakan ikan mas, rabat udang segar.

Baca Juga :Harga Pakan Hidup Untuk Ikan Predator

Cara Merawat Ikan Belida

Sediakankan lah loka atau aquarium menggunakan minimal berukuran 1 meter supaya ikan belida bisa tumbuh dengan baik dan jangan lupa memakai filter aquarium agar kualitas air bisa terjaga. Suhu air terbaik buat ikan belida yaitu berkisar 25-30 derajat celcius. Jangan lupa melakukan pergantian air sebanyak 30% berdasarkan volume air minimal sebulan sekali.

Baca Juga :5 Ikan Predator Untuk Pemula

Jenis-Jenis Ikan Belida

1. Ikan Belida Royal

Ikan Belida Royal

Belida royal atau royal clown knifefish ini mempunyai nama latin Chitala blanci mempunyai ciri ciri bentuk tubuh yang sama dengan ikan belida pada umumnya.

Perbedaan berdasarkan ikan belida lainnya artinya menurut marking nya. Ikan belida royal mempunyai marking totol totol hitam yg lebih mini & masih ada totol marking bergaris jua.

Ikan belida royal mampu anda dapatkan dengan harga mulai menurut 150rb rupiah per ekornya.

Baca Juga : 37 Jenis Ikan Palmas Si Ikan Naga

2. Ikan Belida Bangkok

Ikan Belida Bangkok

Ikan belida bangkok dengan nama latin Chitala Chitala ini lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan jenis belida royal.

Ikan belida bangkok mempunyai karakteristik-karakteristik marking totol totol hitam berbentuk hitam & lebih sedikit dibandingkan dengan ikan belida royal.

Harga ikan belida bangkok mulai dari 20rb rupiah per ekornya.

Baca Juga :Asal Usul Ikan Arapaima

tiga. Ikan Belida Albino

Ikan Belida Albino

Ikan belida albino adalah salah satu ikan belida yang memiliki kelainan genetik seperti halnya ikan lain yaitu terlahir menjadi albino. Ciri karakteristik ikan albino pada dasrnya memiliki tubuh putih & mata yang merah. Berbeda dengan platinum yang memilki mata hitam.

Harga ikan belida albino ini berkisar mulai berdasarkan 150rb rupiah per ekornya.

Baca Juga :37 Jenis Ikan Gabus Hias

4. Ikan Belida Jawa

Ikan Belida Jawa

Belida jawa atau ikan belida yang mempunyai spesifik nama Notopterus notopterus ini memiliki ciri ciri tubuh yang polos tanpa marking dan sedikit gelap bahkan adayang berwana hitam.

Lantaran perburuan buat konsumsi & menurunnya kualitas sungai berasal ikan belida jawa ini syahdan ucapnya ikan ini sudah termasuk galat satu ikan yang dilindungi negara loh.

Harga ikan belida jawa mulai dari 50rb rupiah per ekornya.

5. Ikan Belida Afrika

Ikan Belida Nile Afrika

Ikan belida nile afrika ini masih sangat sporadis sekali ditemui & dijual oleh penjual ikan hias. Ikan belida afrika uni bentuk tubuhnya sedikit tidak sama menggunakan ikan belida dalam umumnya dan marking ikan belida afrika ini full seluruh badan sebagai akibatnya menurut saya ikan belida paling keren yaitu belida afrika ini.

Masih jarang ditemui ikan belida afrika ini mampu didapatkan dengan harga mulai menurut 500rb rupiah ukuran mini per ekornya,

Baca Juga :Tips Memelihara Ikan Hias Untuk Pemula

Penutup

Bagaimana berdasarkan kalian tentang ikan belida ini ? Mana yg menurut kalian paling keren & mana ikan belida yg pernah kalian pelihara ?.

Share artikel tentan ikan belida ini apabila bermanfaat.

LihatTutupKomentar