Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan - Ichthyophthirius multifiliis merupakan ektoparasit yg biasa ditemukan pada ikan hias air tawar yang mengakibatkan penyakit bercak putih ( White Spot ) atau ich. Ich sendiri merupakan galat satu penyakit yang acapkali sekali timbul pada ikan. Penyakit ini ada pada tubuh ikan, sirip ikan, & insang ikan.

Penyebab white spot umumnya ada lewat ikan yg baru tiba atau perlatan aquarium yg dipindah berdasarkan suat tempat ke loka lain tanpa dibersihkan atau pada karantina. White spot ini berkembang sangatlah cepat sehingga dapat mengakibatkan kematian pada ikan.

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

Ciri-ciri ikan terkena white spot artinya ikan yang secara visual terlihat bercak putih di tubuhnya atau bila white spot pada insang umumnya nir terlalu kelihatan karakteristik-ciinya mampu saja ikan tersebut sebagai lemas, diam di pojokan. Menyendiri & biasanya ikan yang terkena bercak putih tidak mau makan atau kehilangan nafsu makannya.

Penyakit white spot dalam ikan ini bukanlah penyakit yg main-main loh, kalian wajib segera melakukan pertolongan sehingga ikan kalian selamat dan penyakit wbercak putih juga bisa menular ke ikan lainnya.

Bagaimana cara mengobati atau membunuh white spot pada ikan ? Yuk simak

1. Menguras Air Aquarium

Menguras Air Aquarium

Tips pertama yg kalian lakukan adalah pribadi menguras aquarium kalian sebesar 25% dari volume air aquarium kalian.

Tujuannya supaya membuang sebagian parasit-parasit yg sudah berkembang pada pada air yang sebagai penyebab ikan terkena fungi white spot.

Dalam hal pengisian ulang air aquarium balik kalian pula harus berhati-hati bila air pada tempat tinggal anda mengandung senyawa yg tidak baik buat ikan misalnya klorin pada air terlalu poly dapat mengakibatkan ikan malah sebagai tertekan dan sebagai percuma.

Cara paling aman adalah ketahui kualitas air di tempat tinggal kalian terlebih dahulu atau izin lebih aman kalian bisa menggunakan air galon isi ulang untuk mengisi pulang air aquarium.

Baca Juga :Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

2. Gunakanlah Heater

Gunakanlah Heater

Cara buat menangani bakteri fungi bercak putih pada ikan mampu menggunakan menggunakan heater aquarium. Karena fungi white spot nir akan mampu berkembang biak pada air yang panas sehingga kalian perlu indera yg satu ini. Setting heater 30 derajat ceclius unutk membunuh jamur white spot.

Merk heater yg tersebar pada Indonesia telah sangat banyak ada yang mahal dan murah seluruh tergantung budget hobies. Tetapi saya sarankan belilah heater yg bagus alias mahal lantaran heater murah dapat mengakibatkan suhu yang nir stabil, konslet listrik bahkan pecah kaca heater.

Baca Juga :3 Tipe Lampu Aquarium Untuk Mempercantik Aquarium Anda

3. Garam Ikan

Garam Ikan

Pertolongan pertama lainnya kalian sanggup memakai garam ikan, jangan lupa ya garam ikan bukan garam dapur. Garam ikan mudah kalian dapatkan pada toko-toko ikan hias. Harga garam ikan pun sangtalah murah kurang lebih 5000rb rupiah saja.

Dalam memelihara ikan hias kalian harus punya stok garam ikan buat jaga-jaga kalo ikan kenapa-kenapa. Gunakanlah garam ikan secukupnya ya, dosis garam ikan sendiri janganlah kebanyakan ya kalian sanggup menakar 1 sdt garam dengan 4 liter air.

4. Daun Ketapang

Daun Ketapang

Daun ketapang ini sangatlah terkenal dikalangan hobies buat dijadikan obat buat ikan hias peliharaannya. Manfaat daun ketapang buat ikan sangatlah banyak yaitu sanggup menyerap racun yg terkandung pada air, menjadi anti jamur mengobati luka dan membuat ikan sebagai tidak stress.

Kalian juga bisa mendaptkan daun ketapang menggunakan gampang dengan membeli daun ketapang di penjual ikan hias atau pada online menggunakan marketplace..

Baca Juga :Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan

5. Obat biru ( Methylene Blue )

Obat biru ( methylene blue )

Methylene Bue atau biasa disebut menggunakan obat biru ini merupakan obat ikan yang berfungsi buat membunuh fungi dan parasit-parasit dalam ikan.

Obat biru ini banyak dijual di toko-toko ikan hias dengan harga yg bervariasi tergantung merknya. Penggunaan obat biru sendiri harus berhati-hati ya lantaran jika kebanyakan akan menyebabkan ikan mabok dan meninggal karena obat biru adalah obat yg keras. Gunakanlah 1 tets obat biru ke pada aquarium berukuran 20cm.

Pada waktu menaruh obat biru janganlah pada tetes di 1 titik ya kalian wajib membagi beberapa titik supaya obat biru dapat merata ke dalam air.

Baca Juga :Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

6. Obat Ikan Lainnya

Obat Ikan Lainnya

Selain obat biru kalian sanggup memakai obat lain yg beredar di pasaran. Sebelum membeli obat ikan kalian harus mengetahui terlebih dahulu fungsi obat yg ingin kalian beli. Cara paling aman kalian bisa bertanya ke sesama hobbies obat apa yg paling ampuh untuk white spot dan lain-lain.

Baca Juga :Ini Dia Penyebab Ikan Discus Gampang Mati

7. Meningkatkan Penggunaan Aerator

Meningkatkan Penggunaan Aerator

Aerator sangatlah diperlukan & wajib dalam memelihara ikan hias bahkan ikan yg sehat pun membutuhkan aerator. Fungsi aerator ialah buat menaruh oksigen ke pada air.

Oksigen yg banyak diharapkan buat ikan yang lemas atau sakit karena ikan yg sakit apalagi penyakit white spot bisa menyebabkan ikan kesulitan pada bernafas sebagai akibatnya memerlukan oksigen yg sangat poly di dalam air.

8. Perhatikan Pemberian Pakan

Perhatikan Pemberian Pakan

Setelah ikan sembuh atau mencegah ikan dari penyakit white spot merupakan menaruh pakan yg sahih-benar higienis, steril & aman buat ikan kalian.

Apabila kalian memakai pelet perhatikan taraf kelembapan kalian pada menyimpan pelet. Pelet yg lembab bisa mengakibatkan pelet berjamur. Tetapi pakan pelet umumnya lenih terjamin dalam hal kebersihannya hanya saja cara menyimpan pelet lah yg wajib diperhatikan.

Apabila kalian memelihara ikan predator dan memberikan pakan hidup berupa ikan cere atau anakan ikan mas kalian bisa menaruh pakan hayati terlebih dahulu di wadah lain yg diberi oksigen dan obat anti jamur selama sehari sampai 3 haru baru kalian bisa berikan pakan hayati ersebut ke ikan kalian.

Baca Juga :Pakan Pelet Ikan Koi Import Yang Berprotein Tinggi

Kesimpulan

Sekian dari saya cara mengatasi atau mengobati ikan menurut penyakit white spot atau biasa pula disebut penyakit bercak putih. Selain cara diatas perhatikan juga kebersihan filter & peralatan aquarium kalian ya.

Semoga tips ini bermanfaat buat kalian & ikan kalian terhindar berdasarkan penyakit bercak putih. Jika ikan kalian terkena bercak putih mungkin dengkin dengan cara diatas dapat bermanfaat.

LihatTutupKomentar