Ini Dia, Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus Untuk Akuarium

Ini Dia Jenis Tumbuhan Aquascape Yang Bagus Serta Harganya

Aquascape dalam tahun 2014-2016 poly sekali peminatnya di indonesia termasuk aku . Aquascape seperti seni bercocok tanam pada pada akuarium. Untuk membuat aquascape kita harus memiliki planning & refrensi yang matang. Mau seperti apa aquascape yang ingin dibuat. Aquascape umumnya terdiri menurut pasir, batu-batuan & tumbuhan.

Cara membuat aquascape susah-susah gampang anda harus mencobanya lama-lama nanti terbiasa. Pertama yang harus disiapkan tentu saja akuarium. Lalu rencanakan tema yang ingin anda buat. setelah itu belanja perlengkapan aquascape seperti pupuk, pasir, batu, tumbuhan bahkan ikan-ikan kecil. Jangan lupa membeli filter akuariumnya, Tahap awal biasanya bakteri starter lalu taung pasir ke dalam akuarium lalu atur bebatuan dan tanam tumbuhan di pasir yang ada pupuknya, Daftar jenis batu-batuan untuk aquascape anda bisa lihat di postingan saya sebelumnya.

Tanaman aquascape merupakan tumbuhan yg tumbuh pada pada air yang berfungsi sebagai hiasan akuarium. Fungsi tumbuhan aquascape selain dapat mempercatik tanaman aquascape juga bisa sebagai loka bersembunyi ikan hias & jua mampu sebagai membantu cycling air agar amoniak pada dalam akuarium berkurang, Tanaman aquaap sendiri poly macamnya dan tanaman aquascape biasanya membutuhkan pencahayaan & karbondioksida sinkron dengan jenis tanmannya itu sendiri. Maka dari itu anda wajib mengenali jenis dan tumbuhan aquascape terlebig dahulu sebelum membelinya. Pada postingan saya kali ini aku akan menciptakan jenis jenis flora apa saja yang biasa digunakan pada aquascape bersama harganya.

Baca Juga :11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

Ini Dia Jenis Tumbuhan Aquascape Yang Cocok Untuk Akuarium

  1. Java Moss
  2. Windelov
  3. Dwarf Baby Tears
  4. Anubias Barteri Var. Barteri
  5. Anubias Barteri Var. Coffefolia
  6. Anubias Barteri Var. Angustifolia
  7. Anubias Barteri Var. Calladiifolia
  8. Anubias Barteri Var. Nana
  9. Lilaeopsis
  10. Dwarf Hair Grass
  11. Amazon Sword
  12. Hygrophila Difformis
  13. Cabomba Carolinia
  14. Monte Carlo
  15. African Water Fern
  16. Bacopa Sp Colorata
  17. Bacopa Sp Caroliniana
  18. Crinum Calamistratum
  19. Cryptocoryne Pontederiifolia
  20. Ceratophyllum Demersum
  21. Cryptocoryne Becketti Petchii
  22. Echinodorus Vesuvius
  23. Egeria Densa
  24. Ceratopteris Cornuta
  25. Ludwigia Rapens "Mesakana"
  26. Rotala Sp Cambodia
  27. Lomariopsis Prothallium
  28. Alternanthera Reineckii Mini
  29. Limnophila Sessiliflora
  30. Littorella Uniflora

1. Java Moss

Tanaman Java Moss untuk aquasape pemula

Java Moss merupakan tanaman yang dari berdasarkan kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, Jepang, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Dan kepulaun India Timur. Tanaman java moss mempunyai nama ilmiah Taxiphyllum barieri. Tanaman java moss ini merupakan keliru satu tanaman yang mudah tumbuh karena sanggup mentolelir berbagai suhu bisa hidup di taraf cahaya yg rendah & tidak memerlukan banyak karbondioksida. Java moss dapat tumbuh pada hampir semua substrat. Java moss bisa tumbuh sampai 10cm menggunakan ph 5.Lima - 8.0 menggunakan intensitas cahaya rendah.

Dua. Windelov

Tanaman aquascape windelov untuk pemula

Windelov merupakan tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Microsorum pteropus ini di patenkan sang Tropica Holger Windelov. Ciri-karakteristik tumbuhan windelov ini mempunyai ujung daun yang bercabang halus. Menciptakan flora ini keliru satu tumbuhan akuarium yang paling latif. Tanaman windelov ini sangat tangguh dan gampang buat pemula sekalipun. Windelov dapat tumbuh sampai 15-20cm dengan lebar 12-15cm. Tanaman ini dapat ditempatkan di mana saja pada alam akuarium namun output terbaik dari tanaman windelov dapat di tanam pada atas batu atau di akar pohon. Tanaman windelov yang menua akan muncul tunas yang tunasnya dapat pada pangkas dan di tanam balik . Tanaman windelov cocok buat pemula karena mudah pada melakukan perawatannya dan mempunyai ketahanan yang bertenaga.

Baca Juga :Cara Membuat Aquascape Air Terjun Dengan Mudah

3.  Dwarf Baby Tears

Tanaman Aquascape Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Hemianthus Callitrichoides ini mempunyai ciri ciri daun yang mini dan padat & tak jarang dijadikan flora foreground. Tanaman dwarf baby tears ini akan tumbuh misalnya karpet yang menyebar meluas melalui tunas yang tumbuh dibawah substrat. Tanaman ini dapat tumbuh sampai 3-4cm & membutuhkan cahaya yang tinggi buat menerima hasil terbaiknya. Namun dalam pencahayaan rendah flora ini pula masih bisa tumbuh menggunakan normal. Cahaya yang tinggi dan karbondioksida yg banyak serta substrat yang kaya akan nutrisi akan menciptakan flora ini tumbuh menggunakan sangat baik & berwarna hijau terang. Dwarf baby tears bisa tumbuh pada akuarium dengan suhu 22-24 derajat celcius.

4. Anubias Barteri Var. Barteri

Anubias Barteri Tanaman Aquascape

Anubias barteri merupakan tumbuhan bunga yg beraal dari afrika bagian barat. Di alam liar flora ini bisa ditemukan pada sungai dan rawa-rawa. Anubias barteri umumnya akan tumbuh bungah di bawah. Tanaman ini mempunyai daun yang berwarna hijau tua yang relatif andal dan mempunyai rimpang yang tebal. Tanaman anubias barteri ini adalah tanaman yang dapat mengikuti keadaan pada syarat pertumbuhan bahkan syarat terburuk sebagai akibatnya tumbuhan ini cocok untuk pemula. Tetapi pertumbuhan tumbuhan ini relatif lambat. Butuh beberapa tahun buat mencapai ukuran maksimalnya

Baca Juga :Jenis-Jenis Pasir Aquascape Yang Wajib Kalian Ketahui
5. Anubias Barteri Var. Coffefolia

Tanaman anubias jenis coffefolia

Anubias coffefolia ini merupakan flora anubias barteria menggunakan jenis coffefolia. Tanaman ini sangat rupawan indah serta perawatan nya yg gampang mengakibatkan flora jenis anubias coffefolia pula termasuk jenis tanaman yg di gemari oleh pemula. Sama halnya menggunakan jenis anubias lain tanaman anubias coffefolia berasal berdasarkan afrika bagian barat.

6. Anubias Barteri Var. Angustifolia

Harga tanaman Anubias Barteri Var. Angustifolia

Anubias jenis Angustifolia adah jenis tumbuhan anubias berdaun tinggi & ramping yang dapat tumbuh sampai 20cm. Tanaman ini sama dengan jenis anubias lainnya yg perwatannya sangat mudah sebagai akibatnya tidak membutuhkan cahaya yg tinggi bahkan dengan Co2 yang rendah sekalipun. Tanaman anubias angustifolia jua ditemukan di wilayah afrika barat.

7. Anubias Barteri Var. Calladiifolia

Anubias Barteri Var. Calladiifolia adalah

Anubias Calladiifolio merupakan flora jenis anubias yg berasal menurut laboratorium yang berada di australia. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk seperti hati yang dapat tumbuh hingga 30cm. Dan daunnya dapat hidup selama beberapa tahun. Maka menurut itu tanaman anubias varietas ini di rekomendasikan untuk berukuran akuraium yg besar .

8. Anubias Barteri Var. Nana

Anubias Barteri Var. Nana

Anubias Barteri Nana tanaman menurut varietas anubias yang ukuran mini . Tanaman anubias nana yang asal dari kamerun ini dapat tumbuh tinggi hingga 5-10cm dan rimpangnya bisa mencapai 10-15cm. Tanaman ini pula cocok buat pemula

9. Lilaeopsis

Tanaman Aquascape terbaik

Tanaman Lilaeopsis adalah flora aquascape yang berasal dari Amerika Selatan & bisa tumbuh dengan sangat rapih. Tanaman ini misalnya rumput menggunakan tingga mencapai 4-7cm dengan pencahayaan yang sesuai maka tumbuhan lilaeopsis ini bisa tumbuh dengan optimal. Tanaman ini juga berguna buat ikan sebagai tempat persembunyian bahkan mampu menjadi loka bertelur ikan.

10 Dwarf Hair Grass

Dwarf Hair Grass

Dwarf Hair Grass adalah tumbuhan akuarium air tawar menyerupai rambut berwarna hijau, flora ini sangat populer dikarenakan flora ini mempunyai keindaahan tersendiri misalnya halnya rumput terkena angin tanaman ini jua akan bergoyang2 di dalam air. Tanaman ini biasa dipakai digunakan buat foreground. Tanaman ini dapat ditanaman menggunakan suhu 20-25 derajat celcius menggunakan pencahayan sedang, Tetapi jika menerima pencahayan yang tinggi tumbuhan ini akan tumbuh cepat & sangat hijau.

11. Amazon Sword

Amazon Sword

Sesuai dengan namanya tanaman Amazon Sword ini merupakan tumbuhan yang berasal berdasarkan sungai amazon dan bentuknya seperti pedang. Tanaman ini sangat terkenal & bisa ditemukan dengan mudah pada toko-toko akuarium. Tanaman amazon sword ini termasuk tanaman yg mudah tumbuh. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 50cm maka dari itu perlu perawatan berkali dengan mengguntingnya. Untuk menanam tumbuhan ini memerlukan suhu 22-28 derajat celcius dengan taraf pencahayan sedang.

12. Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis

Hygrophila Diffrormis tumbuhan akuarium air tawar yang dari dari benua Asia. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi hingga 20-30cm dan lebar 6-12cm. Hygrphila Difformis atau dianggap jua Water Wisteria termasuk flora yang tumbuh di ai dangkal. Tanaman ini jua dapat mencegah tumbuhnya algae lantaran tanaman ini menyerap nutrisi yang pada butuhkan algae. Tanaman ini bisa tumbuh di suhu 23-28 derajat celcius dengan pencahayaan yang sedang.

13. Cabomba Carolinia

Cabomba Carolinia

Cabombia Carolina merupakan tanaman akuarium air tawar yg dari berdasarkan sunga-sungai amazon & pula dapat di bagian Amerika Utara. Tanaman ini tumbuh panjang ke atas denngan daun yang seperti bulu-bulu.Sekilas tumbuhan ini mirip menggunakan pohon cemara dan tanaman ini cocok ditanam di area rengah atau pinggir sinkron selera, Tanaman cabombia carolina bisa tumbuh dengan gampang & nir rewel. Tetapi membutuhkan cahaya yg relatif agar bisa tumbuh. Tanaman ini tumbuh di suhu 15-26 derajat celcius.

14. Monte Carlo

Perbedaan Monte carlo dengan dwarf baby tears

Monte Carlo adalah tanaman akuariun dengan pertumbuhan rendah sehingga tanaman ini cocok untuk di tanam di dasar, batu-batuan atau pun di kayu.  Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Micranthemun ini berasal dari selandia baru. Tanaman ini membutuhkan nutrisi dan pencahayaan yang cukup agar tanaman ini dapat tumbuh dan berwarna hijau terang. Sekilas tanaman monte carlo memang mirip dengan tanaman dwarf baby tears. perbedaan antara tanaman monte carlo dengan tanaman darf baby tears terdapat pada daun monte carlo lebih besar dibandingkan tanaman dwarf baby tears serta perawatannya yang lebih mudah dibandingkan dwarf baby tears Bagi anda yang kesulitan menananm dwarf baby tears maka tanaman monte carlo ini bisa jadi alternatifnya. Ph air 6-7,5 adalah ph yang di perlukan untuk menumbuhkan tanaman monte carlo ini.

15. African Water Fern

African Water Fern

African Water Fern atau Bolbitis Heudelotii merupakan flora air tawar yang biasa ditemukan di seluruh benua afrika. Tanaman ini tumbuh subur paling baik pada tempelkan pada batu atau kayu. African water fern mempunyai ciri-ciri daun yang berwarna hijau yang meruncing ke atas. Tanaman ini bisa hidup dalam suhu 20-27 derajat celcius. Tanaman ini membutuh kan Co2 dan pencahayan yg cukup tinggi supaya bisa tumbuh dengan baik.

16. Bacopa Sp Colorata

Bacopa Sp Colorata tanaman akuarium

Bacopa Sp Colorata tanaman akuarium yg daunnya berwarna merah. Tanaman masih sulit di dapatkan karena masih tergolong tanaman akuarium yang langka. Bacopa sp colorata seperti dengan flora bacopa caroliniana hanya saja tanaman bacopa colorata ini daunnya lebih kecil. Tanaman ini dari menurut Brasil. Untuk menanam flora bacop sp colorata ini membutuhkan ph air 5.8-7,8 dan suhu air 20-30 derajat celcius.

17. Bacopa Sp Caroliniana

Bacopa SP Caroliniana meupakan tanaman berasal Amerika Serikat yang telah dipakai menjadi tumbuhan akurium selama bertahun-tahun. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi 10-30cm dan rimpang 3-4cm. Tanaman ini berwana hijau kekuningan, supaya dapat rona yg maksimal tanman ini membutuhkan nutrisi & pencahayaan yg baik. Perawatan tanaman ini sama seperti variant menurut tumbuhan bacopa lainnya.

18. Crinum Calamistratum

Crinum Calamistratum

Crinum Calamistratum merupakan flora air tawar dari afrika yang mempunyai bentuk yg unik daunnya berwarna hijau tua yang panjang & ramping ini bisa tumbuh hingga 90 centimeter. Tingkat kesulitan dalam tumbuhan ini relatif sulit karena tumbuhan ini sangat membutuhkan kadar Co2 yang tinggi & pencahayaan yg tinggi.

19. Cryptocoryne Pontederiifolia

Cryptocoryne Pontederiifolia

Cyptocoryne Pontederiifolia merupakan tanaman rawa yang dari menurut Indonesia tepatnya pada wilayah pantai sumatra bagian barat. Pemeliharaan flora ini gampang lantaran flora ini sangat gampang mengikuti keadaan pada banyak sekali keadaan. Pencahayaan yg relatif akan menciptakan tumbuhan ini tumbuh dengan lebat.

20. Ceratophyllum Demersum

Gambar Ceratophyllum Demersum

Ceratophyllum Demersum adalah flora air yg dikenal menggunakan nama lain Hornwort atau Coon Tail. Tanaman ini termasuk tanaman yang terapung karena tidak memiliki akar. Biasanya di tanam menggunakan cara menempelkan nya dalam batu atau kayu.Tanaman ini berasal berdasarkan seluruh benua kecual benua antartika. Pemeliharaan pada tumbuhan ceratophyllum demersum ini sangat mudah sehingga flora ini keliru satu yg paling populer pada dunia aquascape.

21. Cryptocoryne Becketti Petchii

Cryptocoryne Becketti Petchii

Cryptocoryne Becketti Petchii merupakan tumbuhan yg berasal menurut Sri Lanka. Tanaman ini di rekomendasikan bagi yang baru memulai bermain aquascape dikarenakan tanaman ini termasuk flora yg gampang beradaptasi pada berbagai keadaaan. Pemeliharaan pada tanaman ini pun tergolong sangat gampang. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 10-15cm.

22. Echinodorus Vesuvius

Echinodorus Vesuvius

Echinodorus vesuvius merupakan tanaman akuarium air tawar yg mempunyai daun sangat kedap dan berwarna hijau. Tanaman ini cocok menjadi background di aquascape. Echinodours ini dapat tumbuh tinggi hingga 10-20cm & lebar 10-15cm. Tanaman ini mudah dipelihara sebagai akibatnya cocok buat pemula dikarenakan tidak membutuhkan cahaya dan nutrisi yg banyak.

23. Egeria Densa

Tanaman aquascape Egeria Densa ini adalah tanaman air yg sangat populer lantaran flora ini gampang tumbuh menggunakan cepat & pemeliharaannya yg gampang. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sampai 40-100cm. Tanaman ini dapat membantu buat mencegah timbulnya algae karena flora ini menyerap nutrisi yg diharapkan sang algae tadi.

24. Ceratopteris Cornuta

Ceratopteris cornuta adalah

Ceratopteris cornuta adalah tumbuhan air yg dari dari wilayah afrika,amerika,asia dan australia. Tanaman ini sejatinya adalah tanaman yg floating alias mengambang. Namun tumbuhan ini mampu jua di tempelkan pada bebatuan atau pada tanam di pasir supaya tumbuhan ini tenggelam. Perawatan flora aquascape ini tergolong gampang. Untuk memelihara dan menumbuhkannnya memerlukan suhu air 18-30 derajat celcius dan Ph air lima-8.

25. Ludwigia Rapens "Mesakana"

Ludwigia Rapens "Mesakana" Tanaman Aquascape

Ludwigia Rapens menggunakan jenis mesakana ini merupakan tumbuhan air yang tergolong sulit tapi peminatnya poly. Tanaman ini berasal dari benua amerika dengan karakteristik-karakteristik berdaun merah yang membuatnya lebih menarik bagi penghobi. Untuk memelihara tanaman ini membutuhkan air dengan kadar ph lima-7 & suhu 4-28 derajat celcius dengan pencahayan yang relatif.

26. Rotala Sp Cambodia

Rotala sp cambodia merupakan

Rotala sp cambodia merupakan flora air tawar menggunakan batang yang berdaun halus seperti bulu-bulu berwarna coklat kemerahan. Tanaman ini tergolong sulit lantaran tanaman ini harus mendapatkan pasokan Co2, pencahayaan yg tinggi dan air yg relatif lunak agar bisa tumbuh.

27. Lomariopsis Prothallium

Lomariopsis Prothallium atau Lomariopsis cf lineata

Lomariopsis Prothallium atau Lomariopsis cf lineata merupakan flora air tawar yang pertama kali dikenal di Jerman yang berasl dari benua Asia. Tanamn ini biasa di aplikasikan buat area foreground umumnya di tempel pada batu atau pada selipkan ke celah hardscape. Pencahayaan yang sedang, kadar air 5-7, suhu 15-30 derajat celcius & nutrisi yg baik bisa membuat tumbuhan ini tumbuh optimal.

28. Alternanthera Reineckii Mini

Alternanthera Reineckii Mini

Alternanthera Reineckii mini adalah tumbuhan kerdil yg pula dikenal dengan nama rosaefolia minor. Tanaman yang tumbuhnya sangat lamnat ini asal berdasarkan benua amerika. Walaupun kerdil flora ini bisa tumbuh hingga 20cm. Tanaman ini membutuhkan cahaya yang tinggi, kadar air ph 5-7, suhu 22-28 derajat celcius serta nutrisi c02 yg poly.

29. Limnophila Sessiliflora

Limnophila Sessiliflora

Limnophila sessiliflora adalah flora yang sudah sejak usang dikenal sang hobbies aquascape. Tanaman ini bisa mudah tumbuh dengan cepat. Asal menurut flora ini adalah benua asia. Untuk memelihara tanaman ini memerlukan kadar air ph 5-8, suhu air 15-28 drajat celcius serta pencahayaan dan c02 yang cukup.

30. Littorella Uniflora

Littorella Uniflora

Littorella uniflora merupakan keliru satu tumbuhan air asli eropa yang biasanya tumbuh di tepi-tepi sungai ber-air dangkal. Penghobi aquascape jarang menggunakan flora ini lantaran flora ini masuk di tanaman air menggunakan kategori sulit di pelihara. Untuk memlihara tumbuhan litorella uniflora kondisi air yang dibutuhkan merupakan ph lima-8 & suhu air 4-26 derajat celcius.

Itulah beberapa tumbuhan air yang biasa digunakan olehn pecinta aquascape. Sebenarnya masih poly tanaman air yg belum disebutkan. Mungkin pada postingan yang akan datang aku lanjutkan. Tetapi di daftar tanaman aquascape di atas menurut saya sudah cukup buat menjadi refrensi flora mana saja yg ingin anda pakai bila ingin membuat aquascape.

LihatTutupKomentar