Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

Jenis-jenis ikan yang hidup di sungai amazon - Sungai amazon merupakan salah satu sumber flora dan fauna yang terletak di benua amerika.

Sungai amazon yang terletak di benua amerika selatan ini memliki panjang 7.200 km. Debit air sungai amazone sendiri merupakan yang terbesar dibandingkan sungai sungai lainnya. Debit rata-rata dari sungai Amazon ialah berkisar 209.000 meter kubik per detik (7.400.000 cu ft / s: 209.000.000 L / dt: 55.000.0000 USgal / dtk) - sekitar 6.591 kilometer kubik per tahun (1.581 cu mi /a). Sungai ini juga mewakili 20% dari debit sungai global ke laut

Dengan panjang tersebut nir heran lagi sungai amazon ini banyak pada hidupi satwa satwa liar termasuk ikan.

Sungai amazon dikenal sebagai sungai yang ikan-ikan nya yg buas & galak. Menurut penelitian masih ada 2000 spesies ikan yang hidup pada perarian sungai amazon ini. Tak hanya ikan sungai amazon pada mulanya dikenal menggunakan sungai loka berkembang biak ular anaconda.

Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Sungai Amazon

Ciri khas sungai amazon yg damai ini lah yang sebagai tempat sarang ikan-ikan buas. Tak hanya ikan buas disungai amazon jua masih ada ikan ikan yang anggun dan latif.

Ikan liat tangkapan langsung sungai amzon biasanya harganya sangat tinggi loh. Sedangkan sang masyarakan kurang lebih amazon ikan tersebut malah dijadikan santapan.

Tidak heran bila poly importir yg membeli ikan pribadi sang penduduk lebih kurang amazon karena harganya lebih murah dan di jual lagi ke negaranya menggunakan harga tinggi.

Langsung saja ke topik utama yaitu ikan apa saja sih yg ada di sungai amazon ? Penasaran ? Ayo simak.

Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Sungai Amazon

1. Ikan Arapaima Gigas

Ikan Arapaima Sungai Amazon

Ikan predator kelas atas ikan terbesar pada sungai amazon merupakan julukan berdasarkan ikan arapaima ini. Ikan arapaima bisa tumbuh hingga dua,5 meter bahkan lebih.

Baca Juga : Asal usul ikan arapaima

2. Ikan Lele Ekor Merah ( Red Tail Catfish )

Ikan Lele Ekor Merah ( Red Tail Catfish )

Ikan lele di amazon ini tidak selaras ya dibandingkan ikan lele lokal pada Indonesia. Ikan lele amazon atau biasa disebut red tail catfish ini memiliki karakteristik-ciri ekor berwarna merah dan dapat berukuran akbar hingga 80cm.

Tiga. Ikan Piranha

Ikan Piranha Sungai Amazon

Ikan piranha berdasarkan sungai amazon ini mungkin sudah nir asing lagi. Ikan ini pun sempat di film kan lantaran keganasannya. Ikan piranha sungai amazon berada di sungai amazon yang airnya hening, Ikan ini banyak sekali di amazon.

Baca JugaJenis Ikan Piranha

4. Ikan Tambaqui ( Ikan Pacu Amazon )

Ikan Tambaqui ( Ikan Pacu Amazon )

Masih dalam keluarga ikan bawal ikan Tambaqui atau ikan pacu menurut sungai amazon merupakan ikan dari keluarga bawal yang paling akbar.

Lima. Ikan Pbass ( Peacock Bass )

Ikan Pbass ( Peacock Bass )

Ikan predator peacock bass merupakan salah satu ikan predator yg hayati di sungai amazon. Ikan pbass yang hidup pada sungai amazon bisa ukuran akbar.

Baca Juga :Jenis Ikan Peacock Bass

6. Ikan Payara Armatus Atau Vampire Fish

Ikan Payara Armatus Atau Vampire Fish

Ikan payara ini memiliki tampang yang seram layaknya vampire maka berdasarkan itu poly jua yg menyebut ikan ini menggunakan nama ikan vampire. Ikan predator yg dari berdasarkan sungai amazon ini telah banyak yg di import ke Indonesia loh.

7. Ikan Discus

Ikan Discus asal sungai amazon

Tidak hanya ikan predator yg ganas & menyeramkan, di sungai amazon jua masih ada ikan yang sangat cantik dan mempesona antara lain merupakan ikan discus. Ikan discus ini berkembang sangat baik disana. Ikan discus wild alias ikan disucs tangkapan sungai amazon harganya mampu 3x lipat menurut harga ikan discus ternakan loh.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Discus

8. Angelfish atau Manfish

Angelfish atau Manfish Asal Amazon

Sama halnya dengan ikan discus ikan angelfish ini berasal di sungai yg sama tepatnya di sungai orinoco basin & di hulu sungai venezuela bagian selatan. Ikan angelfish yang terkenal pada sungai amazon dan berharga sangat tinggi merupakan jenis Altum angelfsih.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Manfish

9. Ikan Oscar

Ikan Oscar Sungai Amazon

Ikan oscar merupakan galat satu ikan predator yang pula asal dari sungai amazon walaupun waktu ini ikan oscar sudah banyak dibudidayakan.

Baca Juga :Jenis-Jenis Ikan Oscar

10. Ikan Aligator Gar

Ikan Aligator Gar Sungai Amazon

Salah satu jenis ikan aligator yaitu Ikan aligator gar ini berasal dari sungai amazon loh.

Baca Juga : 8 Jenis Ikan Aligator

11. Ikan Arowana Silver Brazil

Ikan Arowana Silver Brazil

Ikan arowana silver menurut brazil ini habitat aslinya artinya di sungai amazon. Di amazon ikan arowana silver ini bisa tumbuh sampai 90cm.

Baca Juga : 11 Jenis Ikan Arowana

12. Ikan Golden Dorado

Ikan Golden Dorado

Ikan golden dorado ini seperti sekali menggunakan ikan salmon. Ikan golden dorado poly jua yang memelihara karena warnanya yg mencolok serta merupakan ikan perenang aktif sehingga enak dicermati.

13. Ikan Wolfish

Ikan Wolfish

Ikan predator wolfish ini merupakan ikan yang sangat agresif sekali sehingga nir dianjurkan bila ingin dipelihara sang pemula. Ikan wolfish bisa menyabar tangan kita apabila tangan masuk ke air berisi ikan ini.

14. Stingray atau Ikan Pari Air Tawar

Stingray atau Ikan Pari Air Tawar

Stingray atau ikan pari air tawar ini adalah ikan yg sedang populer dikalangan hobis ikan hias di Indonesia. Harga ikan pari air tawar ini masuh tinggi lantaran masih poly pada Import. Jenis-jenis ikan pari air tawar diantaranya pari motoro, pari black diamond & lain-lain.

14. Ikan Piraiba

15. Tiger catfish

16. Ikan Candiru

17. Ikan Barracuda Air tawar

Penutup

Sekian beberapa jenis ikan yg hidup di sungai amazon. Sebenarnya masih banyak lagi ikan yg hidup pada sunai tersebut. Saya akan mengupdate list nya secara bertahap.

Share artikel ini apabila bermanfaat dan jangan lupa follow akun IG kami di @merelece.blogspot.com apabila kalian teahu jenis ikan di amazon lainnya bisa dm ke admin di Instagram ya.

LihatTutupKomentar