Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih - Pada kesempatan kali saya kan berikan beberapa tips untuk merawat atau menjaga air aquarium anda agar kualitas air terjaga dan air terap kinclong.

Merawat ikan harus hukumnya buat merawat air, maka menurut itu mulai kini perhatikanlah air aquarium anda supaya ikan dapat hidup sehat & tumbuh optimal.

Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih

Baca Juga :Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

Berikut ini cara merawat air aquarium agar tetap bersih diantaranya :

1. Gunakan Filter Yang Memadai

Gunakan Filter Yang Memadai

Dalam memelihara ikan anda perlu yg namanya filter agar air pada aquarium and dapar tercycle sehigga air menjadi lebih terjaga.

Fungsi filter aquarium tersendiri ialah sebagai mpenyaring kotoran ikan serta sebagai tempat berkembang biaknya bakteri baik yang dibutuhka dalam hal memelihara ikan. Jika bakteri baik di dalam air aquarium anda sudah berkembang dengan baik maka air akan terlihat bersih dan gak gampang kotor.

Gunakanlah filter yang menurut anda cukup untuk aquarium anda. Rekomendasi dari saya ialah volume filter harus 20% dari volume air aquarium.

Media filter yang digunakan wajib menggunakan kapas dan media biologi untuk tempat berkembang biak bakteri baiknya. Media biologi yang dimaksud bisa berupa bioball, crystal bio dan sejenisnya.

Baca Juga :Rekomendasi Filter Aquarium Ukuran 60cm Murah

2. Bakteri Starter

Bakteri Starter

Penggunakan bakteri starter sebenarnya ialah optional yang maksdunya mampu dipakai atau tidak. Tapi berdasarkan aku sebaiknya menggunakan bakteri starter apalagi buat aquarium yang baru.

Fungsi bakteri starter artinya untuk menghidupkan dan berkembang biaknya bakteri baik jadi lebih cepat dibandingkan tidak memakai bakteri starter.

Bakteri starter bisa kalian beli pada toko-toko ikan terdekat & pula ada di marketplace online atau kelompok-kelompok ikan di facebook juga poly yg jual.

Cara menggunakan bakteri starter sanggup kalian ikuti petunjuknya di kemasannya. Setiap kemasan bakter starter umumnya terdapat cara pemaikaiannya.

3. Rajin Nguras Air Aquarium

Rajin Nguras Air Aquarium

Kuraslah air aquarium anda sebanyak 20% dari total volume air aquarium anda perminggunya. Hal ini dapat membantu membuang kotoran-kotoran yang membuat air menjadi kotor.

Sebaiknya dalam waktu menguras air perminngu sebanyak 20% ini kotoran ikan yang berada pada dasar aquarium yang tidak tersedot pompa kalian siphon menggunkan selang bersama air yang 20% itu.

Pada sat menguras jangan lupa bersihkan kaca aquarium menurut lumut-lumut yang melekat. Karena lumut jua dapat membuat air sebagai butek.

Cara membersihkan kaca aquarium sebaiknya menggunakan sikat atau spon dan jika anda memelihara ikan yang galak dan takut mencemplungkan tangan, anda sanggup menggunakan sikat kaca yg terdapat magnetnya.

Baca Juga :Daftar Harga Pompa Air Untuk Aquarium atau Kolam Terlengkap dan Terbaru

4. Jangan Banyak Penghuninya

Jangan Banyak Penghuninya

Maksud dari jangan poly penghuninya merupakan jumlah ikan yg ada pada aquarium. Anda wajib mampu memilih berapa jumlah ikan yg kalian bisa pelihara dengan berukuran aquarium yg Anda punya.

Lantaran semakin poly ikan akan semakin banyak juga kotoran ikan yg diproduksi pada dalam aquarium anda sehingga filter & bakteri tidak dapat memfilter kotoran tersebut dengan cepat lantaran terlalu kebanyakan.

Akibat terlalu usang memfilter aquarium anda akan lebih cepat menjadi kotor. Maka berdasarkan itu pertimbankan pada membeli ikan menggunakan berukuran aquarium yg kalian miliki jangan samapai over populasi.

Baca Juga :Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula

lima. Pemberian Pakan Yang Benar

Pemberian pakan Yang Benar

Berilah pakan ikan secukupnya jangan berlebihan hanya karena anda ingin membuat ikan lebih cepat besar. Jika anda ingin ikan cepat besar sebaiknya memberikan pakan dengan cara sedikit tetapi sering dalam arti ada interval waktunya,

Sisa makanan yang tidak dimakan ikan akan membuat air menjadi keruh dan tidak sehat. Cara terbaik ialah jika ikan sudah kenyang dan masih terdapat pakan sisa di aquarium sebaikanya bisa kalian ambil menggunakan serokan jika pakan terapung jika pakan tenggelam sebaiknya di siphon saja menggunakan selang.

6. Gunakan Filter UV ( Optional )

Gunakan Filter UV ( Optional )

Menggunakan filter uv ini sifatnya optional saja tetapi wajib bagi anda yang aquariumnya terkena sinar matahari atau outdoor. Lantaran jika aquarium anda berada pada outdoor pastinya akan membuat air aquarium anda menjadi hijau. Maka menurut itu anda butuh filter uv ini buat mencegah berkembangnya algae yang membuat air di dalam aquarium anda jadi hijau

7. Bersabar

Memelihara ikan dengan sabar

Tips terakhir artinya bersabar dan rutin melakukan cara diatas sampai bakter baik & filter menjadi mature sehingga membuat aquarium andda usang kelamaan akan lebih optimal.

Penutup

Sekian beberapa saran cara merawat air aquairum supaya tetap bersih dan kinclong ( crystal clear ). Komen dibawah jika kalian punya tips dan trik lainnya agar aquarium permanen bersih dan kinclong.

Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat ke sahabat-sahabat & famili anda. Terimakasih..

LihatTutupKomentar