Ini Dia Penyebab Ikan Discus Gampang Mati

Ikan discus adalah galat satu ikan hias air tawar favorit saya loh, mungkin pula favorit kalian jua. Selain indah & manis ikan discus mudah sekali terkena penyakit. Maka dari itu banyak sekali hobies yg suka menggunakan ikan discus akan tetapi ragu dikarenakan discus datang-tiba miring, mudah stress, mudah terkena penyakit & akhirnya mangkat .

Ini Dia Penyebab Ikan Discus Gampang Mati

Tips menurut aku yg ingin memilihara ikan discus artinya satu "Jangan Kapokdanquot; hehe

Baca juga :Jenis Jenis Ikan Discus
Ada beberapa poin penyebab ikan discus gampang sekali mati yang mungkin belum diketahui oleh kalian. Poin ini juga penting buat yang ingin memulai memelihara ikan discus.

1. Air

Peliharalah air pada pada aquarium kalian. Kenapa air ? Air adalah galat satu penyebab ikan discus mudah tewas. Lantaran apabila ingin memelihara ikan discus sebaiknya kalian peliharalah terlebih dahulu air aquarium kalian. Karena ikan discus sensitif sekali dengan parameter air seperti kualitas air, suhu air & lain-lainnya.

Air yang aman & ideal buat ikan discus merupakan ph 6,5 hingga 7. Jika pada bawah 6 ikan discus akan mudah tertekan & bila pada atas 7 ikan discus sanggup saja menyesuaikan diri namun ph air diatas 7 nir memnungkinkan buat breeding ikan discus. Sedangkan suhu aquarium yg cocok untuk ikan discus merupakan 28 derajat hingga 31 derajat celcius.

Peliahara air dan coba stabilkan parameter air di rumah kalian. Jika air di tempat tinggal kalian stabil, boleh kalian mencoba memelihara ikan discus.

Siapkan jua air endapan yang digunakan buat pergantian air. Kalian wajib melakukan pergantian air minimal sebulan sekali.

Baca Juga :Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

2. Siapkan Aquarium Karantina

Sebelum membeli ikan discus hal kedua yang perlu kalian perhatikan ialah menyiapkan aquarium lain untuk karantina ikan discus. Fungsi karantina ikan discus ialah untuk beradaptasi dan mengobati stress pada ikan serta bakteri yang menempel di aquarium lama. Sehingga pada saat dimasukan ke akuarium kalian ikan discus terbebas dari penyakit dan terbebas dari stress.

Hal ini dilakukan dalam ketika membeli ikan discus baru atau terdapat ikan discus yang sakit. Untuk masalah ikan discus yang sakit biasanya pada karantina terpisah menggunakan obat ikan tergantung jenis penyakitnya.

Penyebab ikan discus berguguran merupakan tidak adanya aquarium karantina & membiarkan discus yg sakit digabung dengan dscus lainnya. Sehingga fungi atau penyakit discus dari discus yang terjangkin menular ke ikan discus lainnya

Baca Juga :Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

tiga. Kenali Penyakit Ikan Discus

Kenali penyakit-penyakit ikan discus dan bagaimana cara penangannya yg tepat. Penyakit ikan discus antara lain velvet, bloating, jamur, cloud eye, berak putih, New discus disease(NDD) dan white spot.

Sudah poly sekali obat ikan discus yang beredar di internet, kalian bisa cari sendiri obat buat jenis penyakit penyakit di atas.

Banyak sekali yang keliru dalam penanganan ikan discus sakit pula merupakan keliru satu penyebab ikan discus mati.

Baca Juga :Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

4. Aquarium Utama / Main Tank

Persiapkan aquarium utama yang akan ditempati ikan discus kalian. Pastikan aquarium sudah memenuhi kondisi memelihara ikan discus. Aquarium ikan discus harus memiliki heater apabila air dirumah kalian dingin, filter untuk cycling air di aquarium kalian dan pula jangan lupa pompa udara supaya air pada aqaurium kalian banyak mengandung oksigen.

Aquarium yang sudah siap dan telah cycling pada hal air & filter bisa menghindari penyebab ikan discus mati dalam waktu baru datang atau dimasukan ke aquarium.

Baca Juga :Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

lima. Beli Ikan Discus

Belilah ikan discus yang sehat dan memiliki riwayat hidup yang terhindar menurut penyakit. Hal tersebut hanya bisa ditanyakan langsung ke penjualnya.

Apabila kalian membeli ikan discus baru dengan keadaan sakit. Ikan discus yg kalian beli mampu menulari ikan discus yg sehat di rumah kalian.

Baca Juga :Tempat Beli ikan Discus

6. Tankmate Yang Tepat

Pilihlah jenis tankmate buat ikan discus yg nir agresif lantaran bila agresif ikan discus akan gampang tertekan & usang-lama menghitam dan mangkat .

Baca Juga :Jenis Ikan Pemakan Lumut Terbaik Yang Cocok Sebagai Tankmate Ikan Anda

7. Pakan Bersih

Pilihlah pakan yg bersih terhindar dari jamur. Pakan yang nir bersih bisa menimbulkan penyakit fungi dan bloating pada ikan discus.

Sekian beberapa poin penyebab ikan discus kalian mudah sekali mati. Semoga menggunakan adanya artikel ini dapat meminimalisir taraf kematian ikan discus anda.

Memelihara ikan discus itu sebenarnya mudah dari kalian memahami caranya.

Baca Juga :11 Daftar Pelet Ikan Louhan Yang Bagus Untuk Pertumbuhan Dan Warna

LihatTutupKomentar