Kupas Tuntas Ikan Clownfish: Salah Satu Ikan Hias Terpopuler

merelece.blogspot.com - Pecinta ikan hias air laut pasti mengenal dan familiar dengan ikan Clownfish atau lebih sering disebut Badut atau Nemo. Cocok sekali dipelihara di dalam rumah menggunakan media aquarium karena bentuknya indah serta lucu membuat siapapapun yang melihatnya akan merasa senang.

Kupas Tuntas Ikan Clownfish: Salah Satu Ikan Hias Terpopuler

Klasifikasi Ikan Clownfish

Secara ilmiah atau ilmu pengetahuan alam, ikan Clownfish dikelompokkan ke beberapa golongan. Berdasarkan paling tinggi yaitu kingdom termasuk ke dalam Animalia. Sedangkan buat satu strata di bawahnya atau filum, menurut karakteristik dan keturunan masuk golongan Chordata.

Tingkatan takson berikutnya merupakan kelas, ikan ini termasuk ke dalam jenis Actinopterygii. Untuk golonga ordo atau gugusan berdasarkan beberapa keluarga termasuk Perciformes. Masih ada 2 penjabaran lainnya yaitu keluarga Pomacentridae dan subfamili Amphiprioninae.

Habitat Ikan Clownfish

Habitat Ikan Clownfish

Salah satu jenis ikan hias paling terkenal dan laku pada pasaran ini memiliki tempat asal orisinil pada karang samudera beriklim tropis, yaitu cenderung dalam perairan yang hangat. Biasanya terukur pada kedalaman lebih kurang 50 meter di bawah bagian atas air laut. Oleh karena itu, dia termasuk jenis ikan air bahari.

Daerah loka menyebar ikan Badut atau Nemo ini dapat ditemukan pada Samudera Pasifik, Hindia, Laut Merah sampai Great Barrier Reef Australia. Ciri airnya wajib bersih dan jernih sehingga bila Anda ingin memelihara juga maka wajib merawat kondisi air.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Clownfish

Ciri-Ciri Fisik Ikan Clownfish

Untuk mengenali jenis ikan Clownfish atau lebih ramah dianggap Badut ini bisa dengan gampang dikenali dari bentuk tubuhnya yg cenderung bundar . Apabila berdasarkan rona, umumnya terdiri dari gabungan antara merah, kuning, hitam, oranye dan putih.

Uniknya, dalam tubuh ikan Nemo dipenuhi pola garis-garis dengan kemampuan menyala di kegelapan. Dengan sisi cenderung akbar dan sirip berbentuk unik. Berukuran maksimal sepanjang 10 sampai 18 cm.

Baca Juga :17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Karakteristik Ikan Clownfish

Satu fakta menarik, ikan Nemo ini terlahir jantan namun saat dewasa berubah kelamin sebagai betina. Banyak orang mengagumi keindahannya sampai menerima julukan Badut karena tubuhnya berwarna warni lengkap dihiasi garis-garis.

Bentuk demikian seperti sekali menggunakan Badut pada pertunjukan sirkus. Namun warna-warna tubuh ikan Clownfish ini beragam tergantung proses penyesuaian terhadap lingkungan tinggalnya.

Makanan Ikan Clownfish

Makanan Ikan Clownfish

Jika Anda sangat menyukai peliharaan ikan, tidak keliru apabila Clownfish dipilih karena cara merawat & memberi makan yang terbilang gampang. Termasuk ke dalam golongan omnivora atau pemakan segala mulai berdasarkan jenis flora hingga fauna.

Namun ikan Clownfish pula pintar mencari makanan pada lingkungan loka tinggal. Biasanya menyantap invertebrata serupa parasit yang inheren pada anemon. Di beberapa kesempatan pula menyantap alga buat memenuhi nutrisi.

Harga Ikan Clownfish

Semakin banyak timbul ikan Clownfish di perairan luas, menghasilkan beragam jenis yg terkadang dibedakan menurut warna tubuhnya. Saat ini tercatat lebih kurang 14 macam mulai berdasarkan biak biasa, black ice, platinum, sampai pellet pink dan lainnya.

Harga jual ikan Clownfish pun juga majemuk mulai dari paling murah jenis pellet yg hanya dibandrol sekitar 8 ribu rupiah tiap ekor. Sedangkan yg termahal bisa mencapai seratus ribu lebih sampai 1 juta rupiah buat kelas lightening. Cukup fantastis bukan?

Baca Juga :Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula

Membahas seputar ikan Clownfish menjadi salah satu makhluk hidup berhabitat air bahari terfavorit memang tidak terdapat habisnya. Karena keunikan bentuk tubuh hingga karakteristik unik yang nir dimiliki jenis lainnya. Yuk segera budidayakan ikan menarik satu ini!

LihatTutupKomentar