Mengenal Ikan Leporinus Fasciatus Si Ikan Kaos Kaki dan Harganya

Mengenal Ikan Leporinus Fasciatus Si Ikan Kaos Kaki dan Harganya - Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) memiliki tampilan sangat lucu, bermotif garis-garis yang mirip sekali dengan kaos kaki. Pertumbuhan tubuhnya cukup pesat jika dibanding lainnya sehingga apabila ditempatkan pada satu aquarium akan tampak perbedaannya.

Mengenal Ikan Leporinus Fasciatus Si Ikan Kaos Kaki dan Harganya

Klasifikasi Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Pengklasifikasian Leporinus Fasciatus menaruh kabar bahwa ikan hias ini mempunyai hubungan kekerabatan menggunakan kelas mana saja. Biasanya yg adalah satu family maka akan terdapat kesamaan, baik pada bentuk tubuh atau spesifikasi lainnya

Klasifikasi ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) merupakan sebagai berikut :

Kingdom    : Animalia

Phylum       : Chordata

Sub Class    : Actinopterygii

Family        : Anostomidae

Genus         : Leporinus

Spesies       : Leporinus Fasciatus

Habitat Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Leporinus Fasciatus berasal dari lembah Amazon, wilayah Venezuela, Amerika Selatan. Ikan Kaos Kaki ini bisa bertahan hidup pada sungai yg airnya mempunyai pH antara lima.5 - 7.Lima dan suhunya stabil di kisaran 22?C ? 26 derajat celcius.

Ikan Leporinus tersebut memiliki sifat cukup agresif, namun jika pada kondisi normal memang akan terlihat tenang. Tetapi bila terjadi gangguan yang membuatnya tertekan, sanggup saja menerangkan kebingungan & tampak lebih galak dari sebelumnya.

Jadi pada saat akan membersihkan atau mengganti air, lakukan dengan tenang. Jangan sampai membuat ikan hias ini merasa terancam. Keagresifannya bisa menyebabkan hal yang  sangat fatal karena mampu meloncat cukup tinggi.

Baca Juga :Mengenal Dengan Ikan Lemon, Si Ikan Cichlid Yang Berwarna Kuning

Ciri Ciri Fisik & Karakteristik Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Ciri fisik ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) mempunyai bentuk tubuh yg bundar dan panjang sampai mencapai 30 centimeter. Disertai motif belang-belang kombinasi hitam & oranye. Untuk usia dewasa, umumnya garis di badannya berjumlah 10 buah.

Selain itu, karakteristik khas yg membuatnya tidak sinkron menurut jenis lain adalah terdapat garis kuning pada kepala, tepat berada pada bagian bawah mata sebelah kanan dan kiri yang memanjang mulai menurut ekspresi sampai ke sirip pada insang.

Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) dapat meloncat relatif tinggi sampai keluar aquarium bila lampunya dimatikan. Maka jika ingin memeliharanya, dibutuhkan memberi epilog pada permukaan agar nir terjadi hal yg tidak diinginkan.

Baca Juga :Mengenal Ikan Frontosa Si Ikan Cichild Dari Danau Tanganyika

Makanan Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Pada dasarnya, Leporinus Fasciatus adalah termasuk kelompok herbivora yaitu pemakan tumbuhan. Namun pada saat usianya masih sangat kecil, ikan jenis ini juga memangsa kutu air di habitatnya.  Maka bisa dikatakan juga sebagai omnivora.

Pada biasanya, Leporinus Fasciatus dipenuhi kebutuhan gizinya menggunakan pakan berupa algae, ikan kecil, cacing sutra atau udang air asin (laut). Tapi ada jua yg menaruh daging ikan besar dipotongi kotak-kotak sehingga gampang dikonsumsi.

Tapi buat menjaga ekuilibrium gizinya, tetap perkenalkan dengan pakan berupa daun daunan, seperti bayam atau selada. Kombinasi kedua komponen ini akan menciptakan ikan Kaos Kaki dapat berkembang baik & tetap aktif.

Baca Juga :Jenis-jenis Udang Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Di Aquascape

Harga Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Bagi pecinta Aquascape, apabila ingin memelihara ikan Ikan Kaos Kaki ini sebaiknya memperhitungkan besar aquarium yang akan dibentuk sebagai habitat baru Leporinus. Karena pertumbuhannya sangat cepat dan dapat mencapai 30 centimeter, maka tentu dapat membatasi ruang geraknya.

Harga ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) di pasaran adalah antara 50.000 sampai 100.000 rupiah saja. Namun, ini bergantung pada ukuran yaitu dari panjang dan pendeknya. Jadi Anda dapat memilih sesuai keinginan sendiri.

Demikianlah uraian mengenai ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus). Bagi Anda yang sedang resah mengisi aquarium pada tempat tinggal atau tempat kerja, mungkin ini bisa sebagai ilham baru.

LihatTutupKomentar