Mengenal Ikan RTC atau Red Tail Catfish Beserta Harganya

Mengenal ikan RTC atau Red Tail Catfish beserta harganya - Ikan RTC (Red Tail Catfish) sering dijuluki sebagai lele besar yang memiliki wajah Doraemon. Hal tersebut wajar karena tampilannya begitu unik serta menggemaskan. Ia sangat cocok jika digunakan sebagai hiasan di aquarium rumah atau tempat-tempat umum.

Mengenal Ikan RTC atau Red Tail Catfish Beserta Harganya

Klasifikasi Ikan Red Tail Catfish

Red Tail Catfish adalah keliru satu jenis ikan hias berukuran lumayan besar yg sangat digemari poly pecinta ikan. Selain penampilannya lucu, perawatannya pun relatif mudah dan murah sehingga nir menghabiskan poly porto tambahan.

Adapun pembagian terstruktur mengenai ilmiah berdasarkan ikan yg satu ini bila dirinci secara mendetail yakni menjadi berikut:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygil
  • Ordo : Siluryformes
  • Famili : Pimoledidae
  • Genus : Phractocephalus
  • Spesies : P. Hemioliopterus

Habitat Ikan Red Tail Catfish

kan RTC (Red Tail Catfish) memiliki tempat asal orisinil di perairan air tawar seperti halnya sungai & danau. Ia nir bisa hidup pada bahari dan jenis air asin lainnya.

Ikan yang satu ini bisa hayati tengah-tengah air tawar yang memiliki arus tenang juga deras. Red Tail Catfish pertama kali ditemukan di wilayah sungai Orinoco, Amazon, serta Essequibo pada Benua Amerika.

Selanjutnya, ikan ini poly menyebar ke aneka macam negara lain misalkan Guyana, Venezuela, Bolivia, dan pula Ekuador. Sekarang ini, Red Tail Catfish telah terdapat pada aneka macam belahan global, termasuk Indonesia keliru satunya.

Ciri-karakteristik Fisik Ikan Red Tail Catfish

Ciri-karakteristik Fisik Ikan Red Tail Catfish

Sesuai dengan namanya, ciri-ciri fisik yang menonjol berdasarkan ikan RTC yg membedakannya menggunakan jenis lain yakni adanya rona merah pada ekornya. Meskipun begitu, paha dan perutnya sangatlah paradoksal & berwarna hitam serta putih.

Ikan ini juga dianggap sangat unik lantaran bentuk kepalanya yang sangat akbar dan lebar sebagai akibatnya mirip tokoh kartun Doraemon. Hal itulah yang membuatnya terkesan lucu dan menggemaskan, khususnya bagi anak-anak.

Nah, berbicara tentang berukuran dari ikan yg satu ini, dia memiliki panjang sekitar 1,8 meter. Ukuran yang tidak mengecewakan panjang bagi ikan hias kebanyakan. Adapun berat semua tubuhnya yaitu mampu mencapai 80 kg.

Karakteristik Ikan Red Tail Catfish

Ikan RTC merupakan salah satu jenis spesies yg sangat pemalu. Ia bahagia sekali bersembunyi pada belakang batu-batuan maupun hiasan aneka anemon bahari waktu dipelihara pada aquarium. Sifat tadi sangat seperti misalnya halnya ikan lele.

Ikan ini pula memiliki temperamen emosional yg cenderung terkontrol. Ia bersikap kalem & lemah lembut kepada ikan lain maupun manusia.

Baca Juga :Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

Makanan Ikan Red Tail Catfish

Menyoal mengenai makanannya, ikan RTC ini akan sangat gembira jika diberi segala jenis kuliner. Ia memang bersifat hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan sebagai akibatnya doyan dan rakus terhadap segala jenis kuliner yang diberikan, baik itu hidup ataupun mati.

Ketika memeliharanya, Anda sanggup menaruh cacing, ulat, udang, pelet, sentrat & jenis-jenis kuliner instan lainnya.

Baca Juga :Harga Pakan Hidup Literan Untuk Ikan Predator terbaru

Harga Ikan RTC  ( Red Tail Catfish )

Sebagai ikan hias, harga jual dari Red Tail Catfish ini masih tergolong mahal di pasaran. Untuk jenis bayinya saja, ia umumnya dipatok seharga Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,-.

Selanjutnya, bila ikan RTC sudah besar & bentuknya terlihat menarik, maka harganya pun kian mahal sampai mencapai jutaan rupiah bergantung pada berukuran dan keunikannya.

Demikianlah ulasan tentang seluk-beluk ikan RTC (Red Tail Catfish) mulai berdasarkan penjabaran ilmiah sampai harga jualnya di pasaran. Semoga fakta tesebut dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pecinta ikan.

LihatTutupKomentar