Penjelasan dan Harga Ikan Botia Atau Clown Loach

merelece.blogspot.com - Ikan Botia cukup populer pada kalangan penggemar Aquascape karena keunikan motif tubuhnya. Hal inilah yang membuat banyak orang menyebutnya sebagai Clownfish atau ikan abdut. Selain itu, bentuk badannya yg memanjang pula kecil membuahkan tampilannya terlihat lucu dan unik.

Penjelasan dan Harga Ikan Botia Atau Clown Loach

Klasifikasi Ikan Botia

Pengklasifikasian ikan hias ini menciptakan Anda dapat mengetahui hubungan korelasi dan pengelompokkannya. Maka bisa terlihat bahwa ternyata Botia mempunyai kemiripan menggunakan jenis lain yg masih adalah satu family.

Klasifikasi ikan Botia merupakan sebagai berikut :

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Chordata

Class            : Osteichthyes

Sub Class      : Actinopterygii

Ordo              : Teleostei

Sub Ordo      : Cyprinoidea

Family            : Cobitidae

Spesies          : Botia macracanthus

Habitat Ikan Botia

Ikan hias ini relatif poly ditemui di wilayah Kalimantan, Sumatra hingga pinggiran Malaysia. Pada umumnya menempati sungai-sungai mini dengan air yang mempunyai pH lebih asam, yaitu antara 5-7 & kisaran suhunya mulai dari 24 sampai 30 derajat Celcius.

Habitat ikan hias tadi biasanya adalah sungai yang mempunyai genre tenang dan tidak berarus begitu deras. Ciri sifatnya cenderung suka bergerombol sehingga terlihat selalu berkumpul pada satu titik eksklusif.

Untuk Botia berukuran mini ditempatkan dalam sungai berarus lemah, berlumpur dan keruh menggunakan kisaran kedalaman antara 5 sampai 10 meter. Sedangkan induknya menentukan hayati pada genre deras dan berbatuan relatif pada hingga mencapai 2 meter dengan kejernihan yang relatif tinggi.

Ciri Ciri Fisik Ikan Botia

Ciri Ciri Fisik Ikan Botia

Ciri fisik ikan Botia identik memanjang dan melengkung. Jika dicermati secara holistik, bentuk badannya agak pipih lalu ditutupi sisik halus. Di mulutnya masih ada empat pasang sungut menggunakan bentuk bibir yg sedikit tebal ditutupi sang Lamella.

Ikan hias ini dapat mengeluarkan patilnya yang terletak di bawah mata pada saat hidupnya terancam. Pada tubuhnya jua dilengkapi beberapa sirip, posisi tepatnya ada di dada, perut, punggung dan ekor.

Botia mempunyai ciri khas warna tubuh kuning cerah menggunakan dilengkapi 3 motif garis lebar hitam yang mengelilingi bagian ketua. Kemudian perut dan sirip punggung sampai menuju pangkal ekor.

Baca Juga :Asal Usul Dan Harga Ikan Sili Api Atau Ikan Fire Eel Tebaru

Karakteristik Ikan Botia

Karakteristik Ikan Botia

Karakter ikan Botia lebih senang hayati bergerombol dan berdiam pada suatu titik eksklusif. Walaupun demikian, gerakannya cukup gesit. Maka bila ingin memeliharanya, sebaiknya Anda membeli 4 sampai lima ekor supaya Botia dapat hayati aktif beserta dengan kelompoknya.

Selain itu, ikan hias ini memiliki karakteristik khas yg relatif unik, yaitu datang-tiba memiringkan tubuhnya tanpa berkiprah sedikitpun sehingga orang tak jarang mengiranya telah meninggal. Padahal, itu hanya adalah suatu norma saja.

Makanan Ikan Botia

Makanan Ikan Botia

Botia merupakan karnivora, namun jua suka mengkonsumsi flora air di pinggiran sungai dengan tekstur lembut & lunak. Maka mampu dibilang bahwa ikan hias ini termasuk golongan hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan yang bisa memakan segala jenis.

Ikan Botia umumnya suka mengkonsumsi cacing beku, udang air asin dan siput. Untuk macam flora mampu merupakan mentimun, selada atau bayam. Dalam pemenuhan kebutuhan, ikan jenis ini membutuhkan kombinasi antara keduanya agar menerima gizi seimbang.

Baca Juga :Makanan Terbaik Untuk Ikan Discus

Harga Ikan Botia

Botia harganya bergantung menurut panjang pendeknya tubuh. Jadi apabila melihat daftarnya akan disertai dengan berukuran masing-masing. Pada umumnya di pasaran tersedia dari 4-15 cm, jadi Anda bisa memilih sinkron harapan.

Kisaran harganya mulai menurut 5.000 sampai 50.000 rupiah per ekornya. Jika dibandingkan menggunakan ikan hias lain, Botia relatif masih terjangkau. Apabila aquarium pada rumah Anda ukurannya tidak begitu besar , sebaiknya pilihlah tubuh ikan yg masih kecil saja supaya habitatnya tak terlalu penuh.

Itulah beberapa spesifikasi ikan Botia. Dari bentuk uniknya dan perawatan yang gampang karena pakannya mudah didapat. Selain itu, harganya pula relatif terjangkau sehingga tidak perlu budget akbar buat memelihara Clownfish ini.

LihatTutupKomentar