Jenis-Jenis Ikan Cupang yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Ikan Cupang yang Perlu Anda Ketahui

Ikan cupang adalah ikan yg memiliki jenis relatif poly. Apabila diuraikan semuanya, masih ada kurang lebih 73 spesies ikan satu ini. Apabila dilihat secara genetis, cupang adalah jenis ikan genus Betta, sebagai akibatnya nir heran jika poly orang yg menyebutnya dengan sebutan ikan betta. Selain itu, cupang termasuk pada keluarga ikan gurami.

Akan namun, berdasarkan sekian banyak jenis ikan Betta ini, masih ada keliru satu jenis spesies yang relatif terkenal yaitu betta splendens. Dalam bahasa asing, jenis ikan ini dikenal menggunakan nama Betta fish, atau Siamese fighthing fish, mengingat sifat berdasarkan ikan ini yg senang bertarung. Untuk mengenal jenis cupag lainnya, berikut kami uraikan beberapa jenis cupang yang bisa Anda jadikan menjadi referensi.

Baca Juga

Jenis ikan cupang liar

1. Betta albimarginata

Cupang ini berasal dari daerah Kalimantan Timur. seperti namanya, albi memiliki arti putih atau albino, margin memiliki arti tepi. Jenis cupang ini memiliki corak berupa garis putih pada bagian tepi sirip bawah, serta bagian ujung ekornya.  Cupang jenis ini tergolong mouthbrooder, yaitu jenis ikan yang akan berkembang biak dengan mengerami bagian telurnya di dalam mulut.

2. Betta bellica

Cupang jenis ini di Malaysia lebih dikenal menggunakan sebutan ikan betah. Jenis ikan ini memiliki sirip ekor, dan sirip atas atau bawah yg ukuran lebih pendek. Jenis ikan ini asal berdasarkan Malaysia, saat ditempatkan di alam liar, ikan ini bisa melompat guna menangkap mangsanya.

3. Betta channoides

Jenis cupang ini masih pada satu kerabat menggunakan betta albimarginata. Selain itu, jenis ikan ini jua mempunyai corak berwarna putih pada bagian sirip bawah, atas, dan ekornya. Aka namun, corak putih dalam ikan masih kalah menggunakan corak putihnya albimarginata. Jenis cupang ini, adalah jenis yang mempunyai pendaftar relatif poly. Pasalnya, bukan hanya mempunyai rona eksentrik saja, melainkan hingga ketika ini, keberadaannya masih mampu ditemu. Cupang ini dari menurut sungai Mahakam, Kalimantan.

4. Betta macrostama

Ikan ini juga akrab dikenal menggunakan sebutan Brunei Beauty, mengingat ikan ini berasal menurut Brunai Darussalam serta kalimantan Timur, & Serawak Malaysia. Di Brunai, ikan ini merupakan jenis ikan yang ilegal buat dipelihara. Untuk itu, jangan sampai Anda membawa cupang ini ke Brunai. Berbeda dengan pada Indonesia, cupang jenis ini poly dijual di Indonesia, meskipun dengan harga yg fantastis. Bayangkan, buat seeokor saja, ikan ini diberi harga 2 juta dua ratus ribu rupiah.

5. Beta unimaculata

Jenis cupang ini adalah jenis cupang yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, jenic cupang ini akan poly ditemukan pada pinggiran rawa, atau sungai di wilayah kalimantan, sumaters, serta sulawesi.

Baca Juga :Cara Mengobati Ikan Hias

Jenis ikan cupang hias

1. Crowntail

Di Indonesia, jenis ikan ini lebih akrab dianggap dengan cupang serit. Cupang jenis ini mempunyai bentuk ekor bercabang-cabnag layaknya serit. Cupang jenis ini awal mula dikenalkan sang breeder yang dari berdasarkan Jakarta Timur, sekitar tahun 2000 an.

2. Halfmoon

Sesuai menggunakan namanya, halfmoon mempunyai arti 1/2 bulan. Jenis cupang ini ketika seluruh siripnya dikembangkan maka akan membangun pola berupa setengah lingkaran, layaknya bulan purnama. Sirip ekoranya akan menyatu menggunakan sirip bagian atas, serta bawah yang merupakan salah satu karakteristik cupang halfmoon yg cantik.

3. Plakat

Jenis cupang ini, merupakan jenis cupang yg tidak mempunyai sirip menjutai. Cupang plakat ini mempunyai kontur sirip yg tegas, dan ekor yang berukuran pendek. Cupang plakat ini asal menurut Thailand, selain itu, jenis cupang ini jua memiliki breeder yang handal jua. Di Indonesia sendiri, cupang plakat pertama kali dikenalkan sang Bapak Henry Gunawan, Bapak Joty Atmajaya, serta Bapak Hermanus, pada tahun 2000-2001. Jenis cupang ini merupakan jenis cupang yang banyak diminati oleh masyarakat.

4. HMPK

HMPK merupakan jenis cupang turunan menurut Halfmoon Plaka. Cupang jenis ini adalah cupang hasil perkawinan antara plakat menggunakan halfmoon. Hasil perkawinan antara keduanta menghadilkan cupang dengan kontur garis sirip tegas, dan pendek. Akan tetapi, lebih membundar di bagian ekornya. Pokoknya cakep deh.

5. Double tail

Awal mulanya, jenis cupang satu ini adalah bentuk stigma fisik menurut cupang halfmoon. Hingga akhirnya terbelah dalam dua bagian, dalam bagian tengah ekoranya. Akan tetapi, bentuk fisik yang cacat tadi akhirnya menghasilkan varietas jenis baru pada pada global cupang Indonesia.

6. Big ear

Big ear merupakan salah satu varietas cupang yang baru dikembangkan. Awal mulanya, jenis cupang ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Akan tetapi, saat ini sudah banyak ditemukan di Indonesia.  Cupang jenis ini hadir dengan sirip telinga yang memiliki ukuran lebar seperti sayap. jenis cupang big ear yang kerap dijumpai diantaranya big ear, serta plakat big ear.

7. Giant

Seperti namanya, jenis cupang ini adalah cupang yang mempunyai berukuran lebih akbar dibandingkan dengan lainnya. Cupang jenis ini sanggup mencapai ukuran hingga 12 sampai 15cm. Dikarenakan memiliki berukuran tubuh yang akbar, jenis cupang ini memiliki gerakan yg nir selincah jenis cupang lainnya.

Jenis cupang aduan

1. Cupang akarensi

Cupang jenis ini kerap dikenal menggunakan cupang sarawak, atau sarawak betta. Terkait dengan bentuknya, cupang jenis ini memiliki bentuk silinder menggunakan rona kelabu tua. Ukuran kepalanya pendek , & memiliki rona sedikit kelabu, semi kehijauan. Pada bagian sirip analnya, memiliki rona kuning transparan, serta dihiasai dengan warna hitam pada bagian sisinya. Di sisi lain, bagian sirip ekor, perut, dan punggungnya memiliki rona kehijauan, transparan. Cupang jenis ini memiliki berukuran tubuh aporisma 5 centimeter.

Dua. Cupang coccina

Jenis cupang ini jua kerap dikenal dengan nama clorat?S betta. Adapun jenis cupang ini memiliki tubuh berbentuk silinder, menggunakan rona merah tua, serta sirip dibagian kepalanya. Cupang jenis ini mempunyai ketua berbentuk bundar panjang menggunakan warma perak kekuning-kuningan. Kemudian tentang sirip ingsangnya, berwarna merah transparan. Cupang jenis ini mempunyai berukuran mencapai 7 centimeter. Di pasaran, jenis cupang ini dikenal dengan nama cupang belgi bangkok.

3. Cupang tasyae

Cupang aduan satu ini memiliki nama lain eacful betta. Mengenai bentuk tubuhnya, cupang satu ini memiliki bentuk tubuh silinder, dengan warna abu-abu coklat. Terkait dengan sirip analnya, memiliki warna abu kebiru-biruan. Kemudian mengenai sirip ekor serta punggungnya, memiliki ukuran pendek, berwarna biru transparan.  Cupang jenis ini juga dihiasai dengan bercak berwarna biru metalik. Jenis cupang ini memiliki panjang tubuh mencapai 7 cm.

4. Cupang smaragdina

Cupang jenis ini memiliki nama lain emerald betta. Terkait dengan bentuk tubuhnya, hadir dengan kombinasi warna hijau kehitaman. Untuk kepalanya, memiliki bentuk kepala pendek dengan warna hitam legam. Terkait dengan sirip ingsangnya, memiliki warna  hitam transparan. Akan tetapi, pada bagian sirip analnya, berbeda dengan jenis cupang lainnya. Jenis cupang satu ini memiliki ukuran sirip anal agak pendek, berwarna hitam, dan ujungnya terdapat warna putih.

LihatTutupKomentar